portal informasi 2022

Pertanggungtpendapatan Atau Pertanggung Jawaban?

Pertanggungtpendapatan Atau Pertanggung Jawaban?
Pertanggungtpendapatan Atau Pertanggung Jawaban?

Baiklah pribadi saja ke inti…

Yang benar yakni Pertanggungtpendapatan.

Kenapa? Berikut yakni beberapa alasannya:

  1. Kata “pertanggungtpendapatan” muncul di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang berarti 1 perbuatan (hal dan sebagainya) bertanggung tpendapat; 2 sesuatu yang dipertanggungtpendapatkan.
  2. Aturan umum pembentukan kata dalam Bahasa Indonesia untuk dua kata dasar membentuk adonan kata yang mendapat awalan sekaligus akhiran, maka spasi dihilangkan sehingga unsur adonan ditulis serangkai. Contoh lain dari kata tersebut yakni “menggarisbawahi” dan “melipatgandakan”. Jika contohnya hanya terdapat awalan atau akhiran maka harus dipisah dengan spasi. Misalnya “bertanggung tpendapat”.

Meskipun demikian, masih banyak yang menulis kata ini dengan salah. Hal ini dibuktikan dengan hasil pencarian Google yang menemukan sekitar 515.000 konten web yang mengandung kata “pertanggung tpendapatan”. Sedangkan untuk konten yang memakai kata “pertanggungtpendapatan” jauh ludang kecepeh banyak yakni sekitar 3.250.000 konten web.


Referensi

  1. Pertanggungan tpendapat atau pertanggungtpendapatan (https://fathulwahid.wordpress.com/2011/02/16/pertanggungan-tpendapat-atau-pertanggungtpendapatan/)


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

Advertisement

Iklan Sidebar